AHLAN WA SAHLAN MARHABAN YAA RAMADHAN

Thursday, July 04, 2013

  Assalamualaikum & salam sejahtera.

Ahlan wa Sahlan� Marhaban� Yaa Ramadhan                       




Keutamaan Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh rahmat, berkat dan pengampunan dari Allah SWT. Pada saat bulan Ramadhan Al-Mubarak, setiap ibadah dilipatgandakan pahalanya dan pada bulan tersebut terdapat Laila al-Qadr , suatu malam yang nilainya lebih dari 1000 bulan. Dalam catatan sejarah umat Islam banyak terjadi peristiwa penting pada bulan Ramadhan, diantaranya adalah:




Kemenangan umat Islam pada perang Badar, Fath al-Futuh (penaklukan kota Mekkah), dan turunnya al-Qur’an (nuzul al-Qur’an) yang sering diperingati setiap tanggal 17 Ramadhan. Keutamaan bulan Ramadhan sebagai bulan keampunan sebagaimana terdapat dalam hadis berikut:


”Solat lima waktu, antara Jumaat dengan Jumaat yang lain, antara Ramadhan dengan Ramadhan berikutnya dapat menghapus dosa-dosa yang dilakukan diantaranya apabila menjauhi dosa besar.” (HR. Muslim).




Menurut cerita sejarah umur umat nabi Mahammad saw tergolong yang paling pendek jika dibandingkan dengan umur umat-umat sebelumnya yang mencapai ratusan tahun. Oleh karena itu Allah SWT menganugerahkan Lail al-Qadr, satu malam yang nilainya lebih baik dari 1000 bulan, bagi umat nabi Muhammad saw yang umurnya pendek agar amal kesalehannya bisa menyamai bahkan bisa melebihi umat-umat sebelumnya yang umurnya lebih panjang.


Hal ini sesuai dengan ungkapan hadis nabi yang menyatakan bahwa, sebaik-baik orang adalah yang banyak amalnya dan panjang umurnya, sedangkan sejelek-jelek orang adalah yang panjang umurnya dan jelek amalnya. Sedangkan berkaitan kelebihan bulan Ramadhan dan malam / Lail al-Qadr adalah sebagaimana hadis berikut:




”Sesungguhnya telah datang kepadamu bulan Ramadhan Al-Mubarak, bulan yang diberkati. Allah telah mewajibkan kepadamu berpuasa di bulan itu. Dalam bulan itu dibuka pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka dan syaitan-syaitan dibelenggu, pada bulan itu terdapat satu malam yang nilainya lebih dari seribu bulan. Siapa yang tidak memperoleh kebajikan di malam itu, maka ia tidak dapat memperoleh kebajikan apapun.” (HR. Ahmad, Nasa’i dan Baihaqi).


Kiranya kita sebagai umat Islam marilah kita menyambut kedatangan bulan Ramadhan dengan riang gembira, kita wujudkan kegembiraan itu dengan memperbanyak amal kebaikan untuk kesalehan peribadi maupun kesalehan sosial. Semoga kita mendapatkan anugerah rahmat, berkah, dan maghfirah-Nya. Amien.






You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Cbox

Subscribe